Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Desainer Grafis

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Desainer Grafis.

http://androidjakarta.com

Banyaknya klien yang memiliki permintaan berbeda-beda mengharuskan setiap desainer grafis memiliki skill atau kemampuan tertentu. Tidak jarang ada klien yang akan meminta seorang desainer membuat sesuatu yang mungkin saja belum pernah mereka buat sebelumnya. Ini membuat seorang desainer harus punya kemampuan. kemampuan apa sajakah yang harus dimiliki seorang desainer.

1. Pemahaman Estetika
Klien mempercayai desainer grafis tentang apa yang terlihat bagus termasuk penggunaan warna, tipe desain dan juga ruang. Mereka berharap agar desainer yang mereka pilih mengetahui teori desain yang akan berguna pada proyek yang akan dikerjakan.
Salah satu hal positif jika mereka ingin kamu menguasai teori desain adalah mereka akan mempercayai keputusan kamu terkait proyek yang dikerjakan.
Memang tak mudah untuk memiliki hubungan dengan kepercayaan yang baik antara satu sama lain, oleh karenanya kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu memang menguasai bidang desain dan memiliki banyak pengalaman sebelumnya.

2. Desain Produk Cetak
Banyak klien berpikir bahwa seorang desainer grafis bisa dengan mudah membuat desain untuk produk cetak seperti packaging, flyer atau poster.
Jika kamu tidak terbiasa dengan pekerjaan desain untuk produk cetak, lebih baik bicarakan dengan klien agar ia 
bisa memutuskan apa yang terbaik untuk proyeknya.

Hampir sama sebelumnya, ada saja klien yang berpikir bahwa sebuah flyer atau brosur yang dicetak dengan bahan mengkilap misalnya, bisa dikonversikan dalam bentuk website dengan tampilan yang persis sama.
Banyak juga klien yang beranggapan bahwa desainer grafis bisa dengan mudah merancang ulang sebuah website dengan cepat. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, jelaskan dengan baik bahwa tidak semua desain bisa dikonversikan ke bentuk atau format lainnya.

Kalaupun kamu bisa melakukannya dengan cara tertentu, maka biaya yang dibutuhkan tidak sedikit mengingat banyaknya waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya. Proyek membuat desain website bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena ada banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan.
Tidak hanya itu, ketatnya persaingan karena banyaknya web desainer atau template website gratis membuat seorang desainer grafis membutuhkan waktu untuk menghasilkan desain yang cocok untuk kliennya.

4. Copywriting
Sebagai desainer grafis, kamu harus mempelajari pengetahuan dasar mengenai copywriting. Bagi web desainer pada umumnya, mereka tidak terbiasa untuk menulis (teks) sehingga harus belajar dan terbiasa untuk membuat teks.

Kemampuan untuk menulis judul adalah salah satu skill yang harus dimiliki. Tak hanya membantu kamu untuk membuat desain dengan konten yang cocok, namun kamu juga bisa mendesain sendiri teks tersebut.
Skill copywriting yang baik akan membawa pesan dan brand proyek terkait menjadi semakin menarik dan bisa mempengaruhi orang lain dalam keputusan bertransaksi. Skill ini termasuk mendesain, misalnya iklan atau pengumuman di website, media cetak dan juga media sosial.

Selain copywriting, banyak desainer yang tidak memiliki pengetahuan mengenai SEO. Namun memiliki pengetahuan dasar mengenai SEO adalah bekal yang berharga untuk setiap desainer grafis.
Dengan skill ini, kamu bisa mengetahui apa saja bagian penting yang diperlukan, tidak diperlukan atau yang banyak dicari atau digunakan oleh warganet. Hal ini berguna untuk memudahkan pengguna internet yang ingin mencari sebuah produk, konten atau website di mesin pencari seperti Google.

Kemampuan membuat desain logo adalah salah satu skill yang penting ketika berbicara mengenai dunia desain dan bisnis. Tidak semua desainer grafis menguasasai skill membuat logo mengingat pentingnya aspek makna yang berkaitan dengan perusahaan atau brand terkait.
Klien ingin agar semua aspek yang merepresentasikan nilai perusahaan atau brand mereka ada di dalam logo. Tanya dengan detail apa saja elemen yang harus kamu masukkan ke dalam desain logo, termasuk elemen yang pernah ada pada logo sebelumnya maupun yang belum pernah ada.

7. Fotografi
Desainer bukanlah seorang fotografer yang menguasai teknik fotografi beserta pengetahuan mengenai kamera. Namun hal inilah yang sering tidak disadari klien karena mereka menganggap bahwa desainer dan fotografer memiliki kemampuan “seni” yang sama.
Oleh karenanya, akan baik bagi kamu jika memiliki pengetahuan dasar mengenai fotografi untuk menunjang karir dan memenuhi kebutuhan klien.

8. Ilustrasi
Skill membuat (gambar) ilustrasi yang baik belum tentu dimiliki oleh semua desainer. Kemampuan ini membutuhkan latihan dan pengalaman mengingat banyaknya detail yang sering dituntut oleh klien.

9. Animasi
Walaupun banyak desainer yang bisa membuat gambar dengan format gif, namun skill membuat produk animasi sulit untuk dikuasai.
Pelajari aplikasi atau software untuk membuat elemen desain animasi yang bisa kamu lakukan. Namun jika memang klien menuntut sangat besar terhadap hasil proyek dalam bentuk animasi yang sulit, lebih baik bicarakan dengan klien untuk menggunakan jasa tambahan ahli animasi.

10. Ahli Software
Hal lain yang banyak diminta oleh klien adalah mengolah file beresolusi rendah menjadi dapat digunakan. Hal ini memang mungkin dilakukan dengan aplikasi desain grafis atau software tertentu.
Namun jika file tersebut memang sangat beresolusi rendah sampai terlihat blur, berikan penjelasan ke klien bahwa file itu tidak bisa digunakan untuk proyek tertentu.

11. HTML dan CSS
Seorang desainer website tidak sama dengan seorang web developer yang bisa mengerjakan kode-kode untuk program di dalam website. Beri penjelasan kepada klienmu bahwa mereka harus menggunakan jasa web developer untuk mengerjakan kode dan kalaupun kamu sedikit mengerti, pengetahuanmu mengenai HTML dan CSS tidak sedalam web developer atau programmer.

12. Identifikasi Font
Sebagai seorang desainer grafis, kamu akan sering mendapat pertanyaan, “Jenis font apa itu?”. Ada ratusan bahkan ribuan jenis font yang tersedia dan pastikan klien mengerti bahwa kamu tidak atau belum menghafal dengan pasti semua jenis font tersebut. Banyak latihan dan pengalaman akan menambah pengetahuanmu.

13. Psikologi
Bagaimana perasaan klien saat mereka berinteraksi terhadap sebuah desain merupakan hal yang penting untuk mencapai tingkat efektivitas konversi dari desain terkait. Selain melakukan analisa dan berpedoman pada teori psikologi desain, pengalaman seorang desainer juga berpengaruh dalam hal ini.
Seorang desainer yang profesional sudah mengerti apa saja elemen yang cocok, misalnya background atau warna dasar sebuah desain terkait dengan masing-masing proyek dan tujuannya. Semua ini disebut dengan desain psikologi.

14. Kecepatan Bekerja Maksimal
Umumnya klien menuntut desainer bisa memperbaiki atau merevisi desain dalam waktu singkat, padahal revisi tersebut membutuhkan banyak perbaikan di dalamnya. Kamu akan diberikan hanya sedikit waktu untuk melakukan revisi.

Agar hal tersebut bisa diatasi dengan baik, minta keterangan secara detail mengenai elemen apa saja yang harus diperbaiki agar tidak membuang banyak waktu. Sampaikan bahwa kamu membutuhkan beberapa waktu untuk mengerjakan semuanya.

15. Membaca Pikiran dan Kemauan Klien
Sering kali klien berharap desainer bisa mengerti dan melihat keinginan dan maksud mereka. Hal ini pun bisa berujung pada miss communication. Daripada bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, ajukan pertanyaan secara mendetail mengenai keseluruhan proyek yang harus kamu kerjakan.
Tanyakan juga apa ada hal yang mereka suka dan tidak suka, dan apa tujuan dari desain proyek tersebut. Berkomunikasi dengan baik dengan klien akan memudahkan pekerjaanmu.

http://androidjakarta.com

Untuk membuktikan keunggulan dari jasa desain ini, silahkan segera mengunjungi situs website resminya. Informasi lebih lengkap ada di http://androidjakarta.com Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Thanks For Visit and Order 
More info about androidjakarta.com
Hubungi kami Jasa Pembuatan Website dan Mobile Apps
Website  : http://androidjakarta.com
Contact info : Jl.Johar VIII no.11 Cimanggu BOGOR
0251 - 8576335
081380479646
087872395001
087721614814


tag :  jasa pembuatan website terbaik , jasa pembuatan website profesional jasa website murah , Jasa Website , jasa SEO ,  jasa pembuatan website toko online , jasa pembuatan website dan seo murah jasa pembuatan website , harga jasa pembuatan website , Jasa seo di bogor , jasa seo di Jonggol , jasa seo di cibinong , jasa seo di Ciampea , jasa seo di Citereup , jasa seo di Ciawi jasa seo di Leuwiliang , jasa seo di Bojong Gede , jasa seo di Jonggol , jasa seo di Parung , jasa seo di Babakan Madang , jasa seo di Cijeruk , jasa seo di Cileungsi , jasa seo di Parung Panjang , jasa seo di Dramaga , jasa seo di Gunung Putri , jasa seo di Gunung Sindur , jasa seo di Megamendung , jasa seo di Tajurhalang , jasa web di bogor , jasa web di Jonggol , jasa web di Cibinong , jasa web di Ciampea , jasa web di Citereup , jasa web di Ciawi , jasa web di Leuwiliang , jasa web di Bojong Gede , jasa web di Jonggol , jasa web di Parung , jasa web di Babakan Madang , jasa web di Cijeruk , jasa web di Cileungsi , jasa web di Parung Panjang , jasa web di Dramaga , jasa web di Gunung Putri , jasa web di Gunung Sindur , jasa web di Megamendung , jasa web di Tajurhalang

Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Desain Grafis Terbaik Dunia

Pengertian Dari Cabang-Cabang Desain